HOTSPOT ITU APA ?

22 September 2008

Hotspot mungkin diantara anda para Netter sering mendengar kata-kata ini pada saat terjadi musim kemarau, dimana ratusan bahkan ribuan hektar hutan kita terbakar disebabkan tersebarnya beberapa Titik Api (hotspot) diberbagai wilayah di Indonesia. Nah yang kita bahas sekarang bukan Hotspot ini, tapi Hotspot yang berhubungan dengan teknologi Internet tanpa kabel (nirkabel).

Wi-Fi (Wireless Fidelity) adalah salah satu bentuk pemanfaatan teknologi jaringan nirkabel Wireless LAN pada area publik tertentu dimana disediakan beberapa titik sinyal WiFi pada lokasi seperti taman, perpustakaan, restoran,kafe ataupun bandara bahkan Rumah sakit (Ratu Zalecha MTP). Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1993 oleh Brett Steward. Dengan pemanfaatan teknologi ini, individu dapat mengakses jaringan seperti internet melalui komputer atau laptop yang mereka miliki di lokasi-lokasi dimana hotspot disediakan.

Pada umumnya, hotspot menggunakan standarisasi WLAN IEEE 802.11b (freq. 2,4 Ghz) atau IEEE 802.11g. Teknologi WLAN ini mampu memberikan kecepatan akses yang tinggi hingga 11 Mbps (IEEE 802.11 b) dan 54 Mbps (IEEE 802.11 g) pada frequensi 5 GHz dalam jarak hingga 100 meter.

Dengan Hotspot Anda bisa melakukan koneksi internet secara gratis dengan memggunakan Laptop, PDA dan bahkan Handphone yang dilengkapi fitur WiFi, seperti browsing, chatting, cek email, transaksi bank dan download sambil menunggu seseorang, hangout, maupun saat bertemu dengan rekan bisnis Anda.

Petunjuk Penggunaan :
  • Pastikan Anda berada dalam jangkauan hotspot
  • Klik pada simbol Wireless di laptop Anda
  • Masukkan username dan password
Tips Untuk Berhotspot dengan Aman :

  • Jangan sekali-kali mengaktifkan file sharing folder laptop Anda jika Anda terhubung dengan jaringan publik, karena memungkinkan orang lain bisa mengakses folder yang Anda sharing
  • Matikan juga sharing printer Laptop Anda
  • Selalu mengaktifkan anti virus dengan update definisi terbaru
  • Jangan berikan username dan password Anda kepada orang lain


 
2007 Raza Ziefoetz -
Bottom
SELAMAT DATANG DIBLOG Leo' RaZa............Valentino Rossi mengeluhkan power motornya YZR M1 masih kurang,|News Ticker|...(MotoGP) Akibat meletusnya Gunung berapi di Islandia balapan seri II di Sirkuit Motegi Jepang ditunda pada bulan Oktober 2010 Pesta akbar Piala Dunia Afrika Selatan 2010 sudah hampir didepan mata sudahkan anda miliki jadwalnya . . JIKA ANDA PUNYA PERTANYAAN,KRITIK,SARAN, USUL DAN USIL JUGA BOLEH TULIS SAJA PADA SHOUT BOX ATAU e-mail akhmadyani@ymail.com TERIMA KASIH.